Polres Grobogan Gelar Deklarasi Bareng Perguruan Silat

1-50-768x512-1.jpg

Grobogan – Dalam rangka mewujudkan Pilkada Grobogan yang aman, lancar dan damai, Polres Grobogan menggelar bakti sosial dan deklarasi perguruan silat di Candi Joglo, Krangganharjo, Toroh, Grobogan pada Rabu (9/10/2024).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kesbanglinmaspol Grobogan, IPSI Kabupaten Grobogan, serta perwakilan perguruan silat dari PSHT P-17, PSHT-P16, PSHW, IKSPI Kera Sakti dan Pagar Nusa.

Selama ini, Polres Grobogan telah menjalih hubungan yang baik dan harmonis dengan seluruh perguruan silat yang ada di Kabupaten Grobogan.

“Besar harapan saya bahwa para pendekar yang ada di Grobogan ini turut berperan aktif menjaga kerukunan antar perguruan selama pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024,” ujar Wakapolres Grobogan Kompol Gali Atmajaya.

Berlangsungnya Pilkada yang aman dan kondusif, sangatlah penting untuk keberlangsungan pembangunan di Kabupaten Grobogan, dimana yang nantinya akan bermuara pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Gali Atmajaya mengajak seluruh pesilat agar bisa menjaga kerukunan dan membangun kebersamaan. Menurutnya, perbedaan itu adalah sesuatu yang sangat indah untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik.

“Besar harapan saya pada penyelenggaraan pesta demokrasi Pilkada 2024 ini, jangan sampai rusak akibat gesekan-gesekan yang berpotensi menimbulkan perpecahan dan mengancam Kebhinnekaan juga persatuan dan kesatuan Bangsa,” imbuh Kompol Gali Atmajaya.

Sementara itu, Kepala Kesbanglinmaspol Grobogan Nur Nawanta menyampaikan bahwa perguruan silat yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan harus menanamkan konsep “tepo seliro”. Hal itu agar terhindar dari kesalahpahaman antar perguruan silat.

Menurut Nur Nawanta, konsep kedamaian merupakan cita-cita semua orang yang hidup di dunia ini.

“Apabila mendapatkan informasi yang kurang akurat, saya berharap kepada seluruh perguruan silat untuk tidak mudah terprovokasi dan melakukan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri serta masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Grobogan,” ujarnya.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi bersama oleh para perwakilan perguruan silat.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan antara Polres Grobogan, perguruan silat dan masyarakat, serta menginspirasi para pesilat untuk lebih aktif dan berkontribusi positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.(Redaksi swanara)

scroll to top