Wapres Minta Masyarakat Dukung Pembangunan SDM Unggul Serta IPTEK

image-6-18.jpeg

Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta dukungan masyarakat terkait pembangunan SDM unggul dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Hal itu disampaikannya dalam Konferensi Internasional ‘Agama, Perdamaian, dan Peradaban’ Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Jakarta, Senin (22/5/2023).

“Penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai kunci peradaban tersebut. Yaitu SDM yang unggul, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Wapres Ma’ruf.

“Dengan demikian, bangsa Indonesia akan mampu menjadi bangsa maju yang tidak hanya berfokus pada kepentingan nasional. Tetapi, semakin berkontribusi besar bagi perdamaian dan kemajuan peradaban dunia,” kata Wapres Ma’ruf.

Menurut Wapres Ma’ruf, dalam membangun peradaban penting untuk dilandaskan pada fungsi manusia di bumi, yaitu memiliki tugas untuk mengelola dan membangun bumi serta peradabannya.

Ia menyebut, manusia bertanggung jawab untuk memakmurkan bumi. Serta, peradaban yang dibangun harus pula dilandaskan pada dimensi ketuhanan dan juga dimensi kemanusiaan.

“Menempatkan diri sebagai ‘wakil Allah’ yang menjalankan penugasan dari Allah SWT selaku pemberi mandat. Antarmanusia sebagai sesama ‘wakil Allah’ harus saling menguatkan satu sama lain (tasanud), bukan saling bermusuhan (ta’anud),” ujarnya

“Harus saling menjaga jangan sampai terjadi kegaduhan. Karena manusia ini berada di satu bumi yang sama (fii ardhin wahidin),”katanya.(Redaksiswanara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

scroll to top