Grand Final Mas Dan Mbak Duta Wisata Demak 2024 Digelar Di Pendopo Satya Bhakti Praja , Ini Finalisnya

IMG-20240910-WA0027.jpg

Demak – Dandim 0716/Demak Letkol Kav Maryoto menghadiri acara Malam puncak penobatan Grand Final Mas dan Mbak Duta Wisata Demak 2024 dilaksanakan di Pendopo Satya Bhakti Praja Kabupaten Demak pada Senin (9/9/2024) malam. Di malam tersebut, akan ditentukan pasangan pengganti tugas Mas dan Mbak Duta Wisata Demak 2023.

Dinas Pariwisata Kabupaten Demak melakukan acara malam puncak grand final duta wisata tahun 2024. Duta wisata yang akrab dengan sebutan mas dan mbak Demak akan menjadi generasi muda yang giat mempromosikan wisata di Kabupaten Demak.

Sebanyak 20 finalis adu potensi pada malam Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Demak. Fajar Ilham Maulana dan Chintya Cahya Ningrum dinobatkan sebagai Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Demak 2024 yang besaing dengan 20 finalis. Menyusul juara 2, Umar khan dan Dian Arsiana Putri. Sementara juara 3, Faisal dan Thalita Intan ferina Diana Sari.

Kepala Dinas Pariwisata Endah Cahyarini menyampaikan, malam grand final pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Demak diikuti 20 finalis yang terdiri dari 10 Mas dan 10 Mbak, yang sebelumnya telah mengikuti serangkaian proses kegiatan dari seleksi fisik, tertulis, bahasa Jawa, bahasa Inggris, kepribadian dan penelusuran minat dan bakat.

Dalam penyelenggaraan Mas dan Mbak Duta Wisata tahun ini, lanjut Endah, terdapat inovasi baru. Dimana sebelumnya, 20 finalis duta wisata mengikuti kegiatan ’Goes to Desa Wisata’ dan podcast.

Kehadiran duta wisata di harapkan mampu sebagai daya ungkit bagi generasi muda untuk mengenal wisata di Demak. Generasi milenial yang dinamis dan kreatif akan menjadi pionir untuk kemajuan pariwisata di Demak.

Dalam rangkaian kegiatan, turut hadir Bupati Demak, Hj.dr.Eisti’anah sebagai juri tamu bersama tiga juri lainnya.

Sementara, Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan, pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata dilaksanakan sebagai salah satu langkah Pemkab Demak dalam peningkatan partisipasi, prestasi, inovasi dan kreasi para remaja. Disamping mewujudkan generasi muda yang saling berkoordinasi dan berintegritasi dalam mengusung dunia kepariwisataan baik dibidang destinasi objek wisata yang menjadi tujuan para wisatawan, maupun dalam bidang pemasaran promosi wisata untuk menarik wisatawan.

“Disisi lain pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Demak ini adalah untuk menampilkan dan memilih sosok putra-putri terbaik Kabupaten Demak,” ujar Bupati.

Diharapkan para peserta menjadi generasi muda agen perubahan, sebagai mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan, memiliki wawasan kepariwisataan yang luas, berdisiplin, mandiri, serta memiliki kepribadian yang tangguh, konsisten dengan segala ucapan dan perbuatannya. Rangkaian kegiatan Pemilihan Mas dan Mbak terdiri dari beberapa pentahapan yang sangat ketat, yang dimulai dari test tertulis, test wawancara, orientasi lapangan, karantina, serta penilaian penampilan dan bakat seni para finalis.

“Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata jangan hanya sebagai acara seremonial semata, namun harus dapat menjadi contoh dan teladan yang baik bagi seluruh anak muda di Kabupaten Demak,” pesan Bupati.

Kegiatan juga merupakan sarana untuk mendorong semangat putra-putri kita agar memiliki motivasi yang kuat dalam berekspresi melalui penampilan fisik, serta kecerdasan intelektualnya.

Saya berharap, Mas dan Mbak Duta Wisata memiliki kepribadian baik, banyak berkarya, kreatif dan inovatif, sehingga mampu menjadi generasi penerus yang handal dimasa yang akan datang,” kata Bupati.

Melalui ajang duta wisata akan menciptakan generasi muda yang cakap dan berwawasan luas dan akan menjadi ajang bagi para pemuda dan pemudi yang unggul, cakap dan berkearifan budaya lokal.

Sumber Pendim 0716/Demak
Reporter Dicky

scroll to top