Kapolres Bantul Hadiri Apel Peringatan HUT Ke-14 BPBD Bantul

Bantul – Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta SH SIK menghadiri apel peringatan HUT Ke-14 BPBD di halaman Kantor BPBD Bantul, Senin (22/7/2024).

Apel dipimpin oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan dihadiri jajaran Forkopimda dan anggota BPBD Kabupaten Bantul.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul, saya mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang dilakukan seluruh punggawa BPBD kepada masyarakat Kabupaten Bantul,” ucap Bupati Bantul saat mengawali sambutannya.

Menurutnya, Bantul ini memiliki banyak ancaman bencana, sehingga butuh kesiapsiagaan dan mitigasi yang baik. Keberadaan BPBD ini vital dan strategis, sekaligus garda terdepan dalam melaksanakan mitigasi dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya, sebagaimana yang termuat dalam misi keempat Kabupaten Bantul, yaitu peningkatan kualitas lingkungan hidup, infrastruktur, dan pengelolaan risiko bencana.

Selama 14 tahun berdiri, kata Bupati, BPBD telah berperan sangat penting dalam upaya penanggulangan bencana di Kabupaten Bantul. BPBD juga selalu siap sedia dan tanggap dalam menangani berbagai bencana maupun pertolongan dari masyarakat.

Bupati Bantul berharap momentum ulang tahun ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk instropeksi dan evaluasi diri sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan kapasitas diri guna mewujudkan personel BPBD Bantul yang profesional dan berkemampuan tinggi. Karena dalam penanganan bencana dan kegiatan pertolongan lainnya, kemampuan dan profesionalitas itu sangat penting, agar saat menolong korban tidak menimbulkan terjadinya korban baru akibat kurangnya pengetahuan.

“Ada sebuah adagium atau pepatah populer di kalangan anggota BPBD maupun relawan yang berbunyi ‘sing penting tumandang, ora golek kondang’. Pepatah ini bisa diartikan sebagai yang penting aksi, bukan mencari eksistensi. Ideologi ini pula yang dipegang BPBD selama bertugas,” tuturnya.

Saat melaksanakan misi kemanusiaan, imbuh Bupati, ideologi atau landasannya harus lurus. Harus ikhlas, tulus. Ini semua demi objek yang diselamatkan, bukan subjek yang menyelamatkan.

Selain itu, Bupati berpesan agar anggota BPBD tidak berhenti menimba ilmu dan meningkatkan kapasitas agar terus bekerja profesional. Hal ini penting supaya tidak timbul korban lain saat proses penyelamatan akibat kurang pengetahuan. Edukasi kepada masyarakat juga perlu ditingkatkan agar mitigasi bencana di Kabupaten Bantul semakin kuat.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke-14 BPBD Kabupaten Bantul, semoga selalu kompak dan solid, terus jaga dan tingkatkan sinergitas dengan segenap pemangku kepentingan dan para relawan untuk menuju Bantul yang tangguh terhadap ancaman bencana. Terus semangat, teruslah menjadi orang baik, karena orang-orang baik dan tulus selalu dibutuhkan oleh masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Kapolres Bantul juga turut memberikan ucapan selamat kepada BPBD Bantul, semoga BPBD semakin profesional, cepat, tanggap dan update perkembangan peralatan.

“Apalagi mengingat perkembangan teknologi akhir-akhir ini membutuhkan peralatan yang mengikuti perkembangan teknologi. Tetap semangat, kami tentunya dari Kepolisian dan TNI siap memback up gerakan BPBD dalam menangani, mencegah dan menanggulangi bencana di wilayah Bantul,” ujar Kapolres.

Setelah kegiatan apel, dilanjutkan potong tumpeng oleh Bupati Bantul dan mancing bareng warga masyarakat.(Redaksi swanara)

scroll to top